RSS

kuliner mie ayam





Ini dia kuliner favorite saya,mie ayam extra pedas..
Bukan narsis atau apa yah masang foto lagi makan,Cuma buat menuhin tugas kuliah aja kok dari bapak dosen kewarganegaraan .Mie ayam tuh salah satu kuliner indonesia yang ga kalah enak dari makanan-makanan asing  yang mulai masuk dan mewabah diindonesia....

Selain sudah mentradisi dari seluruh lapisan masyarakat,mie ayam terkenal dengan rasanya yang khas,dengan taburan ayam serta campuran bumbu  rempah-rempah yang menambah cita rasa mie ayam menjadi semakin lezat.Langsung aja ya  kita bahas tentang sejarah munculnya kuliner mie ayam ini...

Mi atau mie adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Istilah ini juga merujuk kepada mi kering yang harus dimasak kembali dengan dicelupkan dalam air. Orang Italia, Tionghoa, dan Arab telah mengklaim bangsa mereka sebagai pencipta mi, meskipun tulisan tertua mengenai mi berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi. Pada Oktober 2005, mi tertua yang diperkirakan berusia 4.000 tahun ditemukan di Qinghai, Tiongkok.

Sesuai catatan sejarah, mie pertama kali dibuat di daratan China sekitar 2000 tahun yang lalu pada masa pemerintahan Dinasti Han. Dari China, mie berkembang dan menyebar ke Jepang, Korea, Taiwan dan negara-negara di Asia Tenggara bahkan meluas sampai ke benua Eropa.

Di benua Eropa, mie mulai dikenal setelah Marco Polo berkunjung ke China dan membawa oleh-oleh mie. Namun, pada perkembangannya di Eropa mie berubah menjadi pasta seperti yang kita kenal saat ini.
              
Sesungguhnya seni menggiling gandum telah lebih dahulu berkembang di Timur Tengah, seperti di Mesir dan Persia. Logikanya, mie juga mula-mula berkembang di sana dan diajarkan sebagai lembaran-lembaran tipis menyerupai mie.
Pada awalnya mie diproduksi secara manual, baru pada tahuan 700-an sejarah mencatat terciptanya mesin pembuat mie berukuran kecil dengan menggunakan alat mekanik.Evolusi pembuatan mie  berkembang    secara  besar-besaran   setelah T. Masaki pada tahun 1854 berhasil membuat mesin pembuat mie mekanik yang dapat memproduksi mie secara massal.
 Sejak saat itu, mie mengalami banyak perkembangan, seperti di China mulai diproduksi mie instant yang dikenal dengan nama Chicken Ramen dan di Jepang muncul Saparo Ramen (1962).Dengan melihat sejarah mie di atas, dan melihat kondisi pasar saat ini, maka dapat dikatakan bahwa membuka usaha mie ayam adalah usaha yang cukup menarik untuk dijalankan di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat peminat mie ayam itu sendiri.

Resep mie ayam              :
<kali aja mau mencoba keahlian menjadi pengusaha mie ayam>
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

1/2 Resep Atau 300 Gram Mi Telur

Bahan Mi Telur :
250 gram tepung terigu protein rendah
100 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok teh cmc
3 butir telur, dikocok lepas
5 tetes pewarna kuning
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan minyak goreng

Bahan:
100 gram caisim, dipotong-potong, diseduh
1 batang daun bawang, diiris halus
4 sendok makan bawang goreng
1/2 resep minyak ayam
1/2 resep kuah (lihat resep kuah mi pangsit)

Bahan Tumisan Ayam:
200 gram daging ayam, dipotong kotak 1/2 cm
250 gram jamur merang, dipotong tipis
2 sendok makan kecap manis
1 sendok makan kecap asin
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
50 ml air
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
Cara Pengolahan :
1.      Aduk tepung, CMC, telur, pewarna, dan garam sampai rata. Diamkan 30 menit.
2.    Giling di gilingan mi dari yang terbesar sampai yang tertipis. Tiap ukuran gilingan, dilakukan 2 – 3 kali gilingan.
3.     Pasang alat pemotong mi, masukkan adonan. Giling hingga mi jadi panjang dan ramping. Taburkan tepung tapioka agar tidak saling menempel.
4.    Rebus mi di air mendidih sampai matang. Angkat. Masukkan ke air dingin. Tiriskan.
5.    Tambahkan minyak goreng. Aduk rata.
Cara Pengolahan :
1.      Tumisan ayam: panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan daging ayam. Aduk sampai berubah warna.
2.    Masukkan jamur. Aduk rata.
3.     Bumbui kecap manis, kecap kecap asin, garam, gula, dan merica. Aduk rata. Tambahkan air, aduk sampai matang.
4.    Masukkan mi yang sudah diseduh ke dalam mangkuk. Tambahkan minyak ayam, aduk rata.
5.    Sendokkan tumisan ayam, caisim, dan daun bawang. Siram dengan kuah yang panas. Taburkan bawang goreng. Sajikan dengan saus sambal sesuai selera.



Referensi  :                                                     
     1.      mieayams0ha.blogspot.com/2012/06/sejarah-mie-ayam_04.html 
     2.    http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/11429/mi-ayam

1 komentar:

seravina danniella mengatakan...

terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.


Minuman Detoks

Posting Komentar